NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Membuat Resume yang Menakjubkan

14 March 2014 - dalam Umum Oleh nararya-wijaya-fkh07

Membuat dan mengembangkan resume yang menakjubkan merupakan tiket Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru. Resume bukan hanya berfungsi untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan akan tetapi juga untuk meningkatkan posisi dan menaikkan gaji Anda. Resume Anda merupakan dokumen penjualan diri Anda, akan tetapi ada batas yang jelas antara mempromosikan diri Anda secara efektif dengan terlihat arogan. Untuk dapat berada lebih maju dari pesaing lainnya Anda harus menulis dan menyampaikan resume Anda secara benar. Jangan lupa bahwa Anda bersaing dengan pencari kerja lainnya yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang sama dengan Anda pada setiap melamar sebuah posisi.

Jadi bagaimana caranya agar resume profesional Anda mendapat perhatian? Apa yang perlu Anda lakukan untuk memberikan diri Anda kesempatan mendapat panggilan interview? Jawabannya sangat sederhana: kunci dalam menulis sebuah resume adalah mempromosikan kemampuan khusus, pengalaman, dan hasil yang telah Anda raih hingga pembaca resume (HRD) mengerti nilai yang dapat Anda berikan untuk perusahaan.

Berikut adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan dalam membuat resume yang menakjubkan:

Fokus kepada hasil – bukan tugas dan tanggung jawab:

Seorang HRD manager tidak akan terlalu peduli terhadap tugas harian dan lebih tertarik dengan hasil dan keberhasilan yang telah Anda lakukan. Jika resume Anda saat ini terlihat seperti daftar panjang pekerjaan Anda sehari-hari maka saatnya untuk mengubah resume Anda menjadi AchievementBased Resume yang lebih fokus kepada hasil yang Anda telah buat di perusahaan lama Anda.

Contoh beberapa hasil yang dapat menjadi fokus Anda:

  • Cara Anda meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Cara Anda mengurangi pengeluaran atau memaksimalkan efesiensi bisnis perusahaan
  • Ide dan inovasi serta perubahan yang Anda bawa yang memiliki hasil positif
  • Penghargaan khusus dari perusahaan

Gunakan Contoh Kuantitatif:
Dikarenakan Anda fokus kepada hasil, cara terbaik untuk menunjukkan keberhasilan Anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, gambaran, dan statistic untuk mendukung pernyataan Anda. Sebagai contoh daripada Anda menyatakan “menaikkan penjualan sehingga memberikan keuntungan pada perusahaan”, sertakan angka atau presentase sebagai pelengkap gambaran kepada HRD: “Meningkatkan penjualan sebesar 25% selama 6 bulan”.

Sertakan Kata Kunci pada Resume:

Menggunakan kata kunci pada resume dapat menarik perhatian HRD dan mengingat CV Anda, selain itu dengan menggunakan kata kunci tertentu resume Anda tidak akan dihapus oleh pihak perusahaan, bangun profil resume Anda sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Sebuah resume yang baik hanya memerlukan waktu sekitar 10 detik untuk menarik perhatian pembacanya. Resume yang terbaik akan meninggalkan kesan yang dapat membuat orang yang membaca resume Anda lebih lama lagi. Menampilkan profil dan kualifikasi di awal resume Anda merupakan cara yang luar biasa untuk memperkenalkan diri Anda kepada pembaca dan dengan segera dapat menampilkan kemampuan dan kualifikasi yang Anda miliki kepada pembaca.

Buang informasi yang tidak perlu:

Hanya tampilkan informasi yang dapat meningkatkan nilai jual pada resume Anda dan dapat membantu meningkatkan angka panggilan interview. Fokuskan resume Anda dengan mempromosikan semua kelebihan Anda yang dapat membuat Anda menjadi seorang yang benar-benar pantas diterima di perusahaan.

 

 by 

http://tasks4job.com/?refer=201434

Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    154.008