NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Kewirausahaan

21 September 2011 - dalam Umum Oleh nararya-wijaya-fkh07

    Kita kadang sering melupakan hal-hal yang mendasar. Dalam berwirausaha, kita terlalu terpaku pada visi kita sehingga melupakan masalah keuangan. Terlalu sibuk dengan masalah pelanggan sehingga melupakan karyawan. Terlalu asyik dengan kehidupan sehingga lupa akan kematian.

    Meraih kesuksesan tidaklah semudah yang diceritakan. Salah satu alasan utama kegagalan usaha adalah karena umumnya usaha dimulai oleh seorang teknisi-orang yang terampil dalam satu bidang dan senang mengerjakannya. Entah mereka tukang listrik, penulis, fotografer, atau dokter, semuanya membuat kesalahan fatal dengan terus melakukan pekerjaan yang sangat mereka kuasai dan mengabaikan bagian-bagian penting lainnya dalam bisnis.

    Ada tiga hal yang harus Anda kelola agar sukses dalam bisnis. Kunci pertama adalah keuangan. Banyak wirausaha yang gagal karena tidak dapat mengelola keuangan mereka. Biaya melebihi pendapatan, piutang tidak tertagih, dan mereka tidak menyadari bahwa kesuksesan bergantung pada cash, cash, dan cash.

    Kunci keberhasilan yang kedua adalah melibatkan karyawan. Memberdayakan orang lain dengan memberi tanggung jawab dalam bisnis akan meringankan beban Anda. Bila karyawan Anda merasa berdaya, mereka akan bertindak laksana pemilik usaha dan  bersemangat melayani pelanggan dengan baik.

    Point kedua di atas akan membawa kita pada kunci ketiga yaitu pelayanan pelanggan. Anda boleh menjadi teknisi paling jempolan di dunia, namun bila tidak melayani pelanggan Anda dengan baik, Anda tidak mungkin berhasil.

    Meskipun kesuksesan sulit diraih dan butuh perjuangan besar untuk meraihnya, dengan berfokus pada hal-hal yang mendasar, peluang sukses Anda akan meningkat secara dramatis dan membuat prosesnya lebih menyenangkan bagi Anda.



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

Plus Minus

pada : 03 October 2011


"Like this bro ^_^"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    154.264