NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Tips Memelihara Kucing Untuk yang Alergi

18 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Kamu termasuk 10% populasi orang di dunia yang alergi terhadap bulu kucing? Tapi, pingin tetap memelihara makhluk berbulu yang lucu ini? Bisa! Asalkan kamu tahu kucing apa yang harus kamu pelihara dan bagaimana caramu memeliharanya sehingga bisa mengurangi gejala alergimu.

1. Pilih kucing hypoallergenic

Apa itu kucing hypoallergenic? Kucing hypoallergenic adalah kucing yang cenderung enggak memicu orang bereaksi alergi karena alergen yang dibawa oleh si kucing. Berdasarkan penelitian, alergen pada kucing – berupa protein Fel del 1 – ditemukan pada kelenjar minyak kulit, air liur dan air seni kucing. Jika selama ini kamu beranggapan bulu kucing penyebab alergi, tak sepenuhnya salah bulu kucing. Penyebab bulu kucingbikin alergi karena minyak alami pada kulit kucing atau liur kucing menempel pada bulunya. Beberapa jenis kucing ras seperti Russian Blue, Kucing Birma, Spynx dan Siberian membawa alergen dalam jumlah jauh lebih sedikit dibanding jenis kucing lainnya.  Memelihara kucing jenis ini membuatmu yang sensitif kemungkinan kecil mengalami alergi.

2. Batasi akses kucingmu

Meskipun kamu memelihara kucing hypoallergenic, bukan berarti kamu benar-benar terbebas dari risiko alergi. Kucing tersebut tetap membawa alergen. Jadi, untuk berjaga, disarankan kamu membatasi akses kucingmu. Biasakan untuk enggak membiarkan kucing masuk ke kamar atau dapurmu. Alergen bisa menempel pada bantal, selimut dan seprai tempat tidurmu dalam waktu yang lama dan tentunya bisa menumpuk kalau kamu enggak rajin membersihkan.

3. Lakukan pembersihan rutin

Kamu malas bersih-bersih rumah secara rutin? Banyak orang yang mengabaikan kegiatan yang seharusnya dilakukan secara rutin ini, terlebih kalau kita punya hewan peliharaan. Sepertinya kamu harus mengubah kebiasaanmu itu dan mulai secara rutin membersihkan bagian perabot rumah, misalnya bantal, karpet, dan benda-benda lain, termasuk litter box yang memungkinkan zat alergen menempel. Selain membersihkan rumah dengan vakum, disarankan kamu merendam seprai di kamar tidurmu dengan air panas bersuhu 140oC dua kali dalam sebulan untuk menghilangkan alergen yang kemungkinan masih bisa menempel – bisa jadi kucingmu diam-diam menyelinap ke kamarmu atau kamu membiarkannya menyelinap, bukan?

4. Jaga sirkulasi udara tetap baik

Bagaimana cara menjaga sirkulasi udara tetap baik? tergantung di mana kamu tinggal. Kalau kamu tinggal di pedesaan yang minim polusi udara, pastikan udara di rumahmu tetap segar dengan pertukaran udara dari luar. Tapi, kalau rumahmu berada di wilayah yang berpolusi, mungkin kamu mau mempertimbangkan menggunakan filter udara atau air purifier machine.

5. Jaga kesehatan dan kebersihan kucingmu

Kucing sehat, pemilik pun sehat. Lakukan pemeriksaan rutin dan vaksinasi sesuai jadwal tepat waktu, berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizinya, dan mandikan maksimal sebulan dua kali – terlalu sering juga enggak baik untuk bulu kucingmu. Berikan makanan dengan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan kucingmu. Soal makanan mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewanmu. Luangkan waktu juga setiap hari setidaknya sekali untuk menyikat dan menyisir bulu supaya si meong enggak terlalu sering meng-grooming sendiri bulunya – meminimalkan kontak zat alergen fel d 1 ke bulu kucing.

6. Bermain dengan hati-hati

Hati-hati saat bermain dengan si meong. Pastikan enggak terjadi kontak fisik dengan kucingmu, misalnya jangan sampai tangan atau wajahmu dijilat atau dicium olehnya. Memandikan kucingmu sebulan dua kali dalam rangka mengurangi paparan alergen sifatnya hanya sementara saja, pastikan kamu selalu mencuci tanganmu setelah bermain dengan kucingmu untuk melunturkan alergen yang menempel.









Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    147.383