NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Fakta Penting Seputar Sterilisasi/Kebiri Kucing

18 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Mungkin masih banyak dari kamu para pemilik kucing yang ragu mengebiri kucing kesayangan karena banyak mitos mengerikan yang beredar seputar kebiri. Bahkan mungkin ada diantara kamu yang belum tahu apa yang dimaksud kebiri dan apa saja keuntungannya.

1. Apa itu kebiri?

Sterilisasi atau padanan kata sehari-harinya kebiri  adalah prosedur bedah untuk membuang organ reproduksi hewan jantan dan betina. Proses ini dilakukan pada hewan dalam keadaan terbius. Jadi, kamu nggak perlu khawatir proses ini membuat kucing kesayanganmu tersiksa.

2. Harus banget ya mengebiri kucing?

Iya, kecuali kamu siap menampung anak-anak kucing dan siap dengan risiko penyakit menular yang lebih besar. Sekadar informasi, seekor kucing betina dapat menghasilkan 379.192 anak dalam 6 tahun. Sangat mungkin anak-anak kucing yang nggak terurus akhirnya terpaksa dibuang ke jalan yang hanya menimbulkan masalah untuk lingkungan.Ditambah lagi, kucing jantan yang nggak disteril cenderung suka menjelajah wilayah di luar rumah pemiliknya sehingga meningkatkan risiko dia terluka dan tertular penyakit dari kucing liar lainnya. Contoh sederhana saja, kucing rumahan yang terawat punya kutu lebih sedikit daripada kucing yang suka main di luar. Kebiri membuat ekspektasi hidup kucingmu 2-3 tahun lebih panjang.

3. Mengebiri kucing menyangkut kebaikanmu juga

Kebiri membuat kucingmu lebih tenang – mengurangi hasrat untuk berkelahi dan kegelisahan saat musim kawin. Kalau kucingmu tenang, tentu kamu juga tenang. Selain memberikan efek pada psikologimu, kebiri juga mengurangi risiko kantongmu jebol lantaran biaya perawatan medis kucingmu. Tahukah kamu? Selain mencegah penyakit menular, steriliasi juga mengurangi risiko kanker organ reproduksi pada kucing jantan dan betina apabila dilakukan sebelum berumur 6 bulan.

4. Cegah populasi kucing liar melonjak

Kalau kamu pecinta kucing, kamu pasti sedih melihat kucing tertabrak mobil, mencari makan dengan mengorek-ngorek sampah hingga dilempar batu, disiram air panas, ditendang, diracun atau bahkan disiksa hingga mati. Kamu pasti nggak mau melihat kejadian itu lebih sering lagi, bukan? Di sinilah pentingnya pengendalian populasi kucing liar dan dengan kebiri kita bisa melakukannya. Yuk! Kita kurangi risiko kucing-kucing nggak bersalah menggelandang di jalanan. Selain itu, dengan mengebiri kucing kesayangan, kita sudah berupaya mencegah wabah penyakit menular, contohnya rabies, di wilayahmu.

5. Kebiri enggak bikin kucingmu obesitas

Lantaran kebiri membuat kucingmu lebih betah di dalam rumah, beredar mitos bahwa prosedur ini membuat kucing jadi obesitas. Faktanya, bukan kebiri yang membuat obesitas, tetapi pola hidup si kucing yang hanya makan-tidur. Kamu bisa mengatur pola makan dan aktivitasnya. Setelah makan, kucing cenderung beranjak tidur. Nah, coba ajaklah kucingmu bermain supaya asupan energi dan energi yang dikeluarkannya seimbang,nggak tertimbun menjadi lemak.

6. Mitos sterilisasi kejam

Mungkin kamu pernah mendengar mitos mengebiri hewan itu perbuatan kejam. Faktanya, hewan nggakbutuh identitas seksual dan peran layaknya manusia berperan sebagai ibu dan bapak yang punya tanggung jawab moral. Sikap keibuan yang ditunjukkan hewan karena naluri secara hormonal saja. Jadi, mengebiri kucing kesayanganmu nggak mengebiri hak hidupnya. Kejam kalau kamu membiarkan kucingmu beranak dan membuang anak-anaknya ke jalan, bukan?

7. Kebiri kucingmu di waktu yang tepat

Kucing jantan dan betina sebaiknya dikebiri sebelum memasuki masa reproduksinya sebagai kucing dewasa, yaitu usia 6 bulan dan 8 minggu. Tapi, nggak masalah mengebiri kucingmu kalau dia sudah pernah beranak. Pastikan saja kucingmu sehat sebelum menjalani prosedur ini.

8. Biaya kebiri nggak mahal

Biaya kebiri kucing harusnya terhitung nggak mahal dibanding kamu harus mengeluarkan uang untuk perawatan medis kucingmu yang rentan penyakit. Kamu sebenarnya bisa mendapatkan harga lebih murah dengan mengikuti kebiri massal yang biasanya diadakan oleh komunitas pecinta kucing. Kenapa bisa lebih murah? Murah bukan berarti kualitas prosedur terabaikan. Biaya bisa lebih murah karena nggak ada biaya operasional layaknya klinik dokter. Jadi, tenang saja kucingmu akan diperlakukan dengan layak dan baik.







by petlogue.com




Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    154.273