NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Pertolongan Pertama Keracunan Pada Kucing

18 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Apakah kucingmu mengalami beberapa gejala seperti muntah, keluar air liur berlebihan, diare, pupil melebar, kejang, atau sakit pada perut? Bisa jadi kucingmu mengalami keracunan. Sebelum membawanya ke dokter sebaiknya kamu lakukan lima pertolongan pertama berikut ini.

1. Coba identifikasi penyebab keracunan

Jika memungkinkan identifikasi penyebab gejala keracunan. Cari tahu lokasi terakhir kucingmu dan catat benda-benda di sekitarnya yang mungkin menyebabkan gejala tersebut. Simpan benda-benda tersebut untuk dibawa ke dokter hewan. Kalau sumber racun berupa asap atau gas, bawa kucingmu ke tempat yang jauh dari sumber racun tersebut supaya mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

2. Segera kontak dokter hewan

Hubungi segera dokter hewan, ceritakan gejala dan kejadiannya. Katakan pula kalau kamu akan segera membawa kucingmu ke klinik atau rumah sakitnya. Dokter hewan mungkin akan menyarankanmu tindakan khusus untuk pertolongan pertama.

3. Bersihkan tubuh kucing

Kalau ada bau bahan kimia yang diduga racun pada bulunya, gunakan sarung tangan dan bersihkan bulu dengan air sampai baunya hilang untuk mencegah kucingmu terus menjilati racun tersebut. Jangan menggunakan pelarut tertentu selain air tanpa komando dari dokter hewan.

4. Tenangkan kucingmu

Jika kucingmu mengalami kejang, menggigil, atau gemetar, tenangkan dengan membungkusnya pakai handuk. Jauhkan kontak dengan mulut untuk menghindari kemungkinan kita digigit.

5. Jangan paksa muntah

Jangan paksa kucingmu untuk muntah. Terutama kalau kucingmu menelan racun seperti bahan kimia atau benda tajam. Jika kucingmu sudah muntah, kejang atau pingsan, jangan mencoba untuk memaksanya lagi memuntahkan sumber racun. Kamu bisa memaksanya muntah jika dokter hewan yang menyuruh.

Wajar saja kalau kita kaget dan panik ketika tahu kucing kesayangan keracunan. Tapi, pastikan kamu melakukan kelima tindakan pertolongan pertama dengan tenang dan segera bawa kucingmu ke dokter hewan.

 




by petlogue.com




Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    154.065