NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Mini

17 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Sebutan anjing mini ditujukan untuk anjing dengan berat badan di bawah 10 kilogram. Anjing ini memang menggemaskan banget, contoh beberapa jenis yang paling digemari adalah Chihuahua, Dachschund, dan Pomeranian. Mau tahu penyakit apa saja yang sering menyerang anjing mini? Ini daftarnya.

1. Patellar luxation

Masalah ini terjadi ketika tempurung lutut (patella) tergeser dari posisi anatomi aslinya, yaitu menempel di tulang paha. Biasanya penyebabnya adalah benturan keras atau kelainan sejak lahir. Walau bisa menyerang anjing ras apa saja, tapi paling rentan terjadi pada Boston Terrier dan anjing betina 1.5 kali lebih sering terkena Patellar Luxation. Gejalanya terlihat dari cara jalannya yang aneh, terutama di bagian belakang, jalannya seperti menyeret. Solusi terbaiknya adalah lewat operasi yang juga bisa memerbaiki cara jalannya.

2. Pancreatitis

Sering disebut radang pankreas, penyebabnya juga macam-macam, bisa karena kelainan metabolisme, benturan, infeksi, atau bahkan obesitas. Gejalanya demam, muntah, diare, lemas, kurang napsu makan, dan dehidrasi. Pancreatitis paling sering menyerang anjing mini, khususnya Miniature Poodle. Segera ke dokter untuk mengobatinya. Biasanya dokter akan mengistirahatkan pankreas selama 24 jam, jadi semua makanan dan minuman masuk lewat selang. Anjing kecilmu juga mungkin akan diinfus, diberi obat, dan diberi makanan rendah lemak agar mudah dicerna.

3. Brachycephalic airway syndrome

Istilah mudahnya adalah gangguan pernapasan pada anjing berwajah datar dan hidung pesek. Contoh anjing ras dengan wajah datar (Brachycephalic) adalah Pug, Chihuahua, dan Shih Tzu. Penyakit ini biasanya terjadi karena anjing memiliki trakea (lubang hidung) yang sempit, gejalanya semakin para di udara lembab dan hangat. Solusinya, hindari alergen dan udara lembab, tapi untuk kasus berat mungkin dibutuhkan operasi (tracheostomy).

4. Ectropion

Ini contoh lain dari masalah yang menyerang anjing berhidung pendek dan wajah datar, seperti Cavalier King Charles Spaniel dan French Bulldog. Ectropion adalah kelopak mata yang tidak normal (terbalik), akibatnya bulu mata justru menggores bola mata yang bisa berakhir dengan kebutaan. Ectropion cukup sering terjadi pada semua anjing ras dan biasanya sudah bisa terdeteksi sejak umur 1 tahun. Gejalanya mudah terlihat, seperti ada daging menonjol di ujung dalam mata (dekat hidung), berwarna merah, bola mata mudah iritasi. Untuk menanganginya, biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi membalik kelopak mata.

5. IVDD

Kepanjangannya adalah intervertebral disk disease, suatu kondisi di mana salah satu alas di tulang belakang terasa nyeri karena iritasi. Tulang punggung akan terhimpit dan membuat anjingmu lemah, hal ini bisa berakhir dengan kelumpuhan. Salah satu anjing kecil yang rentan terkena penyakit ini adalah Dachshund. Gejalanya anjing enggan lompat, suka menangis kesakitan, kurang nafsu makan, dan sikapnya aneh.Untuk mengatasinya, dokter mungkin memberikan pengobatan antiinflamasi berupa kortikosteroid atau apapun yang meredakan nyeri. Salah satu pengobatan canggihnya adalah Chemonucleolysis yang menggunakan laser untuk menyuntik enzim langsung ke pusat nyeri. Walau terbilang efektif, tapi Chemonucleolysis masih kontroversial.








Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    147.342