NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Alasan Anjing Perlu Sterilisasi

17 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Ternyata banyak loh manfaat sterilisasi untuk kesehatan anjingmu. Mau tahu apa saja manfaatnya? Lihat penjelasannya, yuk.

Hidup lebih berkualitas

Steril atau kebiri membuat anjing betina hidup lebih panjang dan lebih sehat. Enggak cuma itu, steril juga mencegahnya terkena infeksi uterin dan kanker payudara, yang fatal bagi 50% anjing dan 90% kucing di Amerika. Sedangkan untuk anjing jantan, cara ini berguna untuk mencegah kanker testicular.

Bersikap lebih baik

Anjing atau kucing yang sudah disterilkan akan lebih fokus mencari perhatian pada pemilik dan keluarganya. Di lain sisi, anjing yang belum disterilkan akan menandai daerah kekuasaannya dengan membuang air kecil di sekitar rumah (bahkan di dalam rumah!), dan urin penanda ini biasanya memiliki bau yang sangat tajam. Kamu bisa mencegah hal ini dengan steril lebih awal.

Tidak membuat gemuk

Jangan percaya dengan alasan klasik itu! Hal yang bisa membuat anjingmu gemuk adalah terlalu banyak mengonsumsi camilan tanpa aktivitas yang cukup. Untuk menghindarinya, jangan lupa perhatikan diet seimbang untuk anjingmu dan luangkan waktu untuk bermain atau jalan-jalan sore bersamanya.

Lebih ramah kantong

Biaya yang kamu keluarkan untuk sterilisasi anjingmu tidak akan lebih banyak dibanding biaya yang dibutuhkan untuk merawat anak-anak anjing lagi. Apalagi sekarang sering diadakan baksos atau bakti sosial yang menawarkan program sterilisasi anjing gratis atau dengan harga yang terjangkau. 

Selalu denganmu

Seperti yang kita tahu, anjing jantan yang belum disteril bisa melakukan hal apa saja demi mencari pasangan. Hal ini bisa termasuk menggali tanah di bawah pagar rumahmu agar dia bisa melewati pagar! Ya, persis teknik sulap Houdini. Dan usaha kabur dari rumah ini sering berakhir tragis, seperti tertabrak kendaraan atau diculik orang jahat. Tapi sikap seperti ini enggak akan terjadi kalau anjingmu sudah disteril, dia akan tetap di rumah agar bisa selalu denganmu.




by petlogue.com




Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    154.244