NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Kutu Anjing Bisa Sebabkan Kematian! Basmi Kutu Dengan Cara Ini

17 October 2016 - dalam Agrobisnis dan Kedokteran Hewan Oleh nararya-wijaya-fkh07

Salah satu jenis parasit yang kerap menyambangi anjing tersayang adalah caplak (tick) dan kutu (flea). Bulu yang halus dan kulit anjing yang hangat menjadi tempat ideal bagi keberlangsungan hidup caplak dan kutu. Jika dibiarkan, kedua parasit ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti anemia, infeksi kulit, bahkan mematikan seperti Rocky Mountain Spotted Fever. Nah, berikut cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan caplak dari anjing kesayangan.

Bedak kutu (tick & flea powder)

Bubuk caplak dan kutu adalah salah satu bentuk obat yang cara penggunaannya seperti memakai bedak dan harganya cukup terjangkau. Balurkan bubuk halus pada kulit anjing, tapi berhati-hatilah saat mengaplikasikan karena bubuk ini sangat lembut dan dapat menyebabkan iritasi apabila terhirup mulut dan paru-paru. Jadi, sebisa mungkin gunakan masker saat mengaplikasikannya. Pastikan produk yang kamu gunakan khusus anjing, sesuai usia, dan ditujukan untuk membasmi parasit jenis caplak dan kutu (flea). Berbagai merek ternama tersedia di petshop seperti Hartz, Doris dan Antick.

Obat kutu semprot (Tick & flea spray)

Obat semprot caplak dan kutu lebih praktis penggunaannya dari pada yang bentuk bubuk. Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada seluruh tubuh anjing kesayangan (perut, punggung, ekor, dan kaki) dan menggosokkannya agar obat menyebar rata dan meresap di kulit. Jauhkan dari wajah anjing saat menyemprotkannya. Biarkan obat mengering dengan sendirinya, jangan pernah mengeringkannya dengan handuk dan pengering rambut karena dapat menyebabkan iritasi. Pastikan kamu menggunakan sarung tangan saat mengaplikasinnya. Baca aturan pakai agar kamu tahu seberapa banyak obat yang harus diaplikasikan. Ada banyak merek yang menyediakan produk ini, dua di antaranya yang ternama yaitu Frontline dan Anti Thick dengan harga sekitar Rp 200,000 an untuk kemasan 100ml. Harga memang sedikit mahal, tapi penggunaannya lebih praktis.

Obat kutu konsentrat (tick dips)

Obat yang satu ini dikemas dalam bentuk konsentrat sehingga penggunaannya harus dilarutkan dalam air dan diaplikasikan dengan cara menggosoknya pada bagian punggung anjing. Lantaran dosis tinggi, pastikan kamu membaca aturan pakai dengan jeli dan biarkan obat mengering dengan sendirinya pada tubuh anjing. Jangan gunakan jenis obat ini untuk anjing yang masih kecil dan konsultasi dulu dengan dokter hewan sebelum menggunakannya untuk anjing yang sedang hamil. Tersedia dalam merek Amitranz dan Perma-Dip. Satu botol ukuran 473ml biasanya dijual seharga Rp 400,000-an.

Kalung anti kutu (tick collar)

Obat jenis ini bentuknya seperti kalung anjing. Sebenarnya, tick collar ditujukan untuk pencegahan agar caplak tidak menjalar hingga bagian leher dan kepala. Saat memasangkan tick collar pada anjing, pastikan masih ada ruangan sebesar dua jari antara kalung dan leher anjing. Potong panjang kalung jika ada kelebihan agar tidak termakan oleh anjing. Perhatikan apakah ada tanda-tanda ketidaknyamanan pada anjingmu (misalnya, menggaruk berlebihan) untuk berjaga jika ada reaksi alergi terhadap tick collar. Sebelum membeli pastikan kamu meminta saran dan rekomendasi dari dokter hewan karena obat jenis ini ada yang mengandung zat berbahaya bagi anjing. Satu buah tick collar biasanya dihargai sekitar Rp 100,000-150,000.

Pengobatan secara oral

Pengobatan secara oral jauh lebih praktis daripada penggunaan obat luar. Lantaran bentuknya berupa pil, kamu tak perlu khawatir masalah iritasi karena kontak dengan obat. Pengobatan ini bisa membunuh caplak dan kutu kecil serta mengacaukan siklus hidup kutu anjing. Kamu sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk pengunaannya supaya dosisnya tepat. Dokter akan meresepkan obat oral serta dosisnya dan kamu bisa membelinya di klinik hewan.  Tapi, ketika kamu berkomitmen menggunakan metode ini, pastikan kamu meminumkan pilnya secara teratur dan rajin berkonsultasi ke dokter karena mungkin saja dokter memberikan resep baru untuk penanganan.

Jaga anjing tetap di dalam rumah

Anjing memang butuh berjalan-jalan, tapi saat musim caplak dan kutu  tiba sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar rumah. Ada baiknya anjingmu menghindari pepohonan dan semak karena di situlah sumber caplak. Jika memang ingin keluar, persiapkan anjingmu dengan obat pencegah dan cek tubuh anjingmu setelah beraktivitas di luar.









Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    147.344