NARARYA WIJAYA CDMP, AP., S.KH

Menggali Khazanah dan Kearifan

Jika Anak Anda Berbohong

21 September 2015 - dalam Umum Oleh nararya-wijaya-fkh07

Jika anak Anda berbohong, jangan buru-buru memarahi mereka. Coba kita lihat apa yang salah pada lingkungan disekitarnya. Bisa jadi hal tersebut karena salah kita, baik cara ataupun apa yang kita kenalkan pada mereka dan hal tersebut terus diulang tanpa ada upaya untuk memperbaiki.

Bisa dilihat dari hal yg sederhana saja. Lagu yang diajarkan dan dinyanyikan anak-anak baik itu di rumah maupun di sekolah. Contohnya :

  • balonku ada 5 rupa2 warnanya.merah. kuning. kelabu. merah muda dan biru...meletus balon hijau.... kalau ada hijau harusnya kan ada 6...
  • bintang kecil dilangit yg biru.. bintang terlihat malam hari masa langitnya biru...
  • nina bobok oh nina bobok kalau tidak bobok digigit nyamuk.... memangnya kalau sudah bobok nggak digigit nyamuk..
  • ambilkan bulan bu.ambilkan bulan bu yg slalu bersinar dilangit.... emaknya astronot pun nggak bisa ambil bulan...
  • naik kereta api tut tut tut...siapa hendak turut....bolehlah naik dengan percuma.....lho masak ada naik KA nggak bayar..maunya gratisan.... hahaha...

Silahkan tertawa sebelum tertawa itu dilarang. Mari kita tertawa bersama hahaha.....

Santai saja bacanya ini edisi humor kok meski agak mikir. Bagaimana para orang tua yang dulu juga pasti tahu dan pernah menyanyikan lagu ini? Sadar tidak dengan kejanggalan ini? Memang miris melihat kondisi industri kreatif yang satu ini. Tak jarang kita dengar anak-anak justru menyanyikan lagu remaja dewasa karena produksi lagu anak-anak yang berhenti dan yang pasti belum ada yang mengalahkan kepopuleran lagu anak-anak yang saya sebutkan di atas. Mulai dari yang sekarang sudah jadi nenek buyut sampai cicitnya pasti tahu lagu tersebut.

   Jadi jika ada anak berbohong ingatlah lagu tersebut dan tertawalah. Anak adalah peniru yang handal. Ajari mereka tentang kejujuran dengan memberi pengertian secara lembut dan penuh kasih sayang agar mereka tak hanya jadi orang yang jujur dan tegas tapi juga sopan, penyayang, cerdas dan berkarakter.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Counter

World Clock

Widget Box

Counter Flag

Soal CPNS

PRIMBON RAMALAN JODOH

NUMEROLOGI RAHASIA CINTA

Pengunjung

    147.153